Kamis, 30 Oktober 2008

unit 10

SISTEM OPERASI

Sistem operasi adalah sebuah program kegiatan tatap muka antar pemakai computer dengan perangkat keras computer.tujuan system operasi adalah untuk menyediakan sebuah lingkungan yang mana pemakai boleh menjalankan programnya.
Suatu sistem operasi adalah suatu bagian penting hampir tiap-tiap sistem komputer. Suatu sistem komputer dapat dengan kasar dibagi ke dalam tiga komponen:
The perangkat keras ( memori, CPU, arithmetic-logic unit, berbagai gudang/penyimpanan curah, I/O, alat sekeliling....
System program ( sistem operasi, compiler, editirs, kegunaan...)
Aplication program ( sistem database, program bisnis...)

Central Procesing Unit (CPU) terletak pada chip di dalam unit sistem. CPU adalah otak komputer itu. Ini adalah tempat di mana komputer menginterpretasikan dan memproses informasi.
Sistem operasi adalah komponen pertama sistem program yang menarik perhatian adalah di sini. Program sistem adalah program yang tertulis untuk pelaksanaan langsung pada perangkat keras komputer dalam rangka membuat kekuatan komputer secara penuh dan secara efisien dapat diakses ke aplications program dan para pemakai komputer lain. Program sistem adalah berbeda dari aplikasi yang memprogram sebab memerlukan suatu pengetahuan teman karib perangkat keras komputer seperti halnya akhir yang pemakai needes.Morever, program sistem adalah sering lebih rumit dan besar dibanding program aplikasi, walaupun tidak selalu kasus itu. program sistem menyediakan atas mana program aplikasi, adalah paling utama yang program sistem dengan benar dan efisien.
Sumber daya basis dasar dari suatu sistem komputer disajikan oleh perangkat keras nya, data dan perangkat lunak.. Sistem operasi menyediakan tujuan untuk penggunaan tepat sumber daya ini dalam operasi sistem komputer itu. symply menyediakan suatu lingkungan di dalam mana program lain dapat melakukan pekerjaan bermanfaat.
Sistem operasi bertindak sebagai manajer sumber daya ini dan mengalokasikan kepada spesific para pemakai dan program sebagaimana diperlukan untuk tugas mereka. mungkin ada banyak, mungkin konflik., permintaan untuk sumber daya, sistem operasi harus memutuskan permintaan yang dialokasikan sumber daya untuk beroperasi sistem komputer wajar dan secara efisien. Suatu sistem operasi adalah suatu program kendali. Program ini mengendalikan pelaksanaan program pemakai untuk mencegah kesalahan dan penggunaan tidak pantas pada komputer itu.
Sistem operasi sebab mereka adalah suatu cara yang layakuntuk memecahkan masalah dalam menciptakan suatu sistem komputasi dapat dipakai. Gol pokok dari suatu sistem komputer adalah untuk melaksanakan program pemakai dan memecahkan permasalahan pemakai.
Gol utama dari suatu sistem operasi adalah suatu kenyamanan untuk pemakai itu. Sistem operasi pergi sebab mereka dikira untuk membuatnya lebih mudah untuk komputer dengan suatu sistem operasi dibanding tanpa suatu sistem operasi. Ini adalah particulary bersih;kan manakala kamu memperhatikan beroperasi syste untuk komputer pribadi kecil.
Suatu gol sekunder adalah operasi efisien dari suatu sistem komputer. Gol ini adalah particulary yang penting untuk large,shared sistem multi-user. Sistem operasi dapat memecahkan gol ini. diketahui bahwa kadang-kadang ini ke gol, efisiensi dan kenyamanan, berlawanan.
Tidak ada yang bersifat universal bersetuju definisi konsep dari suatu sistem operasi, kita menawarkan sebagai titik awal] layak berikut .
Suatu sistem operasi komputer (OS) apakah suatu kelompok program yang dirancang untuk melakukan seperti diminta dua basis dasar :
1.Untuk mengendalikan alokasi dan penggunaan menghitung sumber daya sistem di antara berbagai tugas dan para pemakai, dan
2.Untuk menyediakan suatu alat penghubung antara perangkat keras komputer dan bahwa program menyederhanakan dan membuat mungkin ciptaan, persandian, debugging, dan pemeliharaan program aplikasi.
Secara Rinci, kita dapat bayangkan suatu effectife sistem operasi perlu acomplish semua berikut:
Fasilitas modifikasi dan ciptaan data dan program memfile melalui seorang program editor,
Provide mengakses ke compiler untuk menterjemahkan program dari high-level language ke bahasa mesin,
Provide suatu program pemuat untuk pindah gerakkan kode program disetujui kepada memori komputer untuk pelaksanaan,
Provide yang rutin yang menangani detil I/O program yang ruwet.
Meyakinkanlah bahwa ketika ada beberapa proses aktip dalam komputer, masing-masing kehendak mendapat/kan non-interfering dan adil setuju kepada unit proses pusat untuk pelaksanaan,
Mengasuh alokasi alat dan gudang/penyimpanan,
menyediakanlah gudang/penyimpanan pemakai informasi jangka panjang dalam wujud file, dan
Mengijinkanlah sumber daya sistem untuk menjadi bersama antar para pemakai manakala sesuai, dan dilindungi dari pengarang atau intervensi yang diperlukan.
Meskipun demikian program sistem seperti penerjemah dan editor dan berbagai program kegunaan ( seperti sort jenis seperti dan memfile program perpindahan) tidak pada umumnya dipertimbangkan bagian dari sistem operasi itu. sistem operasi adalah reponsible untuk menyediakan setuju ke system sumber daya.

Tidak ada komentar: